Senin, 03 Oktober 2016

Installasi Linux mint 17.3 dengan Virtual box

Leave a Comment
Nah sebelum kita melakukan installasi sistem operasi linux mint 17.3 dengan virtual box, saya akan menjelaskan apa itu linux.

Pengertian linux adalah software sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. jadi anda diijinkan untuk menginstal pada komputer anda ataupun mengkopi dan menyebarluaskannya tanpa harus membayar. linux merupakan turunan dari unix dan dapat bekerja pada berbagai macam perangkat keras koputer mulai dari inter x86 sampai dengan RISC. Dengan lisensi GNU (Gnu Not Unix) Anda dapat memperoleh program, lengkap dengan kode sumbernya (source code). Tidak hanya itu, Anda diberikan hak untuk mengkopi sebanyak Anda mau, atau bahkan mengubah kode sumbernya.Dan itu semua legal dibawah lisensi. Meskipun gratis, lisensi GNU memperbolehkan pihak yang ingin menarik biaya untuk penggandaan maupun pengiriman program.

Latar Belakang
    Agar dapat melakukan installasi sistem operasi lain didalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, Saya mempunyai sistem operasi Linux mint 17.3 rosa yang terpasang pada komputer saya, maka saya dapat memasang sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi Linux mint 17.3 rosa dengan menggunkan Virtual Box.oke langsung saja ke topik tujuan :

Cara installasi :
1. siapkan software berupa virtual box dan sebuah iso sistem operasi yang akan kita install.

2.klik new, kemudian isikan nama, dan pilih sistem operasi sesuai iso yang kalian miliki, kemudian next.

3.kemudian atur memory sesuai dengan spek sistem operasi yang akan anda install.

4.setelah itu klik create dan next hingga keluar tampilan seperti di gambar.

5.klik start,dan pilih iso sesuai sistem operasi yang anda akan install

6.setealah itu tunggu hingga ada gambar seperti dibawah hingga proses selesai

7.kemudian pilih install linux mint

 8. pilih bahasa

9.Pada layar berikutnya Anda melihat beberapa persyaratan untuk instalasi linux Mint (sistem harus memiliki minimal 5,7 GB drive space yang tersedia dan harus terhubung ke Internet). Klik Continue:

11.Biasanya Erase disk dan menginstal Linux Mint adalah pilihan yang baik, kecuali jika Anda perlu partisi custom dan tahu apa yang Anda lakukan. Menghapus disk dan menginstal Linux Mint akan membuat satu partisi / yang besar bagi kita (semua sistem operasi yang terpasang dan semua file lain yang hadir pada disk akan dihapus jika Anda melanjutkan):

 12.Pilih hard drive yang ingin Anda gunakan untuk instalasi Linux Mint

13.Pilih zona waktu Anda:

 14.Mengubah layout keyboard, jika perlu:

15.isikan username dan password. 
      contoh : Username :
                    Password  :
      setelah mengisi semua data, pilih continue

16.Tunggu hingga proses installasi selesai, setelah itu reastart

Sekian tutorial installasi linux mint 17.3 rosa
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Posting Komentar