Senin, 31 Oktober 2016

Cara Menghitung Jarak Tower Jaringan

Leave a Comment

Latar belakang
Menghitung jarak atau radius tower digunakan untuk menganalisis berapa maximal tinggi bangunan yang berada di sekitar tower, agar saat melakukan penghubungan jaringan tidak ada bangunan yang menutup atau mengganggu proses penghubungan jaringan antara penyedia dan pemakai jaringan.

Tujuan 
Menghitung tower bertujuan untuk menganalisis berapa maximal tinggi bangunan yang ada di sekitar tower agar saat melakukan penghubungan jaringan tidak ada bangunan yang menutup atau mengganggu proses penguhubungan jaringan antara penyedia dan pemakai jaringan.

Dalam membangun sebuah jaringan, banyak faktor yang perlu kita perhatikan.Salah satunya kita harus memperhatikan jarak dan penghalang yang mungkin bisa menghambat sinyal.Hal ini diperlukan karena frekuensi yang dipancarkan oleh AP berupa gelombang sinus, maka dari itu penghitungan tinggi antena dan Fresnel Zone (jari-jari frekuensi antar dua pemancar) perlu diperhitungkan dengan tepat.Meskipun kelihatanya jarak antara kedua frekuensi tidak ada penghalang (terlihat jelas) namun sebenarnya tidak.



LANGKAH PENGERJAAN

1. Pertama yang anda butuhkan saat menghitung tower jaringan adalah Google Earth, jika anda belum mempunyainya, bisa anda download disini.

2. Jika sudah terinstall silahkan bukalah google earth anda.



3. Carilah tempat tower pertama, kemudian klik tanda kuning di bagian kiri atas, lalu berilah nama pada tempat tersebut.



4. Carilah tempat tower ke dua kemudian tandalah seperti tadi, kemudian namailah tempat tersebut.



5. Jika tempat satu dan tempat dua sudah tertandai selanjutnya ukurlah ke dua tempat tersebut menggunakan icon rules (penggaris).



6. Setelah anda sudah mengetahui jarak kedua tempat tersebut maka selanjutnya bukalah web browser anda lalu hitung di halaman resmi mikrotik http://mikrotik.co.id/test_tower.php
lalu akan muncul menu seperti dibawah ini, kemudian masukanlah pengukuran tadi.



7. Jika perhitungan google earth sudah di masukan klik hitung.

8. Nah, dari perhitungan tersebut akan muncul hasil perhitungan, Jari-Jari Fresnel Zone, Fresnel Zone, Tinggi Lengkung Bumi, dan Tinggi Antena minimum yang disarankan.

KESIMPULAN
Perhitungan diatas adalah perhitungan di atas kertas, kondisi di lapangan dapat berbeda, sesuai kondisi lain yang dapat mempengaruhi.Terima kasih semoga bermanfaat bagi anda.

If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

0 komentar:

Posting Komentar